4 Tips Merawat Rumah Hunian Agar Selalu Nyaman dan Indah

Tips Merawat Rumah Hunian Agar Selalu Nyaman dan Indah - Rumah merupakan tempat Anda bertemu dengan keluarga. 


Rumah menjadi tempat untuk beristirahat sekaligus berteduh. Oleh sebab itu, rumah harus dirawat agar selalu nyaman. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk merawat rumah. Berikut ini, beberapa tips merawat rumah yang baik.



4 Langkah Merawat Rumah Hunian Selalu Nyaman dan Indah

Mengecat Dinding Rumah Anda


Cat dinding sangat penting untuk keindahan rumah. Cat menjadi pelapis dinding sekaligus mempercantik suasana. Penggunaan plamur berlebih akan menimbulkan retak-retak halus. Maka, batasi penggunakan plamur supaya cat tidak mudah mengelupas.


Waktu pengecatan juga harus diperhatikan. Pengecatan bagian luar biasanya akan mengering dulu. Sedangkan bagian dalam biasanya masih basah. Hal ini berpotensi membuat cat retak atau mengelupas.  Waktu ideal untuk mengecat adalah saat kondisi kering. Selain itu, sebaiknya tidak saat matahari bersinar terik.


Jika dinding mengapur, pengecatan ulang dapat dilakukan. Tanda-tanda pengapuran terlihat jika permukaan dindingnya memutih. Atau, saat disentuh, telapak tangan menjadi putih. Ini menAndakan dinding perlu dicat ulang.


Tips Memaku Dinding Rumah


Dinding menjadi tempat untuk menggantung pigura.  Saat memakunya, Anda mungkin mendapati dinding retak. Ini berarti cara memakunya masih belum benar. Lalu, bagaimana cara yang benar?


Berikan selotip secara menyilang di dinding. Paku bagian tengah persilangan selotip. Setelah selesai, lepas selotip tersebut perlahan – lahan. Cara lainnya adalah menggunakan cuka. Siram cuka pada dinding yang akan dipaku. Tunggu sampai kering. Setelah itu, Anda bisa memaku dinding.


Membersihkan Kerak Kamar Mandi


Kerak adalah masalah umum di kamar mandi. Membersihkan kerak juga bukan hal mudah. Untuk tips merawat rumah ini, gunakan batu apung. Gosok kerak dengan air sabun dan batu apung.  Setelah itu, bilas sampai bersih.


Basahi dinding bak mandi yang akan dibersihkan. Taburkan asam sitrat pada dinding tersebut. Biarkan asam sitrat bereaksi selama 1 jam. Selanjutnya, sikat dinding menggunakan sikat. Siram dengan air bersih dan bilas sampai bersih. Keringkan dinding menggunakan lap kering.


Asam sitrat atau sitrun berbentuk bubuk. Bubuk ini berwarna putih. Anda bisa mendapatkannya dari toko-toko perlengkapan kue,


Menghilangkan Jamur di Rumah


Jamur biasanya ditemukan di plafon dan dinding. Untuk mengatasi jamur, Anda bisa menggunakan cuka. Atau bisa juga dengan disinfektan dan fungsisida. Lalu, bagaimana cara penggunaannya?


Tetesi kain lap dengan cuka. Sapukan perlahan-lahan lap di bagian yang berjamur. Ini penting agar spora tidak bertebaran kemana-mana.  Gunakan lap baru untuk menyapu ulang. Sebaiknya, Anda tidak menggunakan sikat. Pasalnya, sikat hanya akan membuat spora menyebar. Sehingga spora akan menempel di sofa dan perabot lain.


Serangan jamur yang sudah parah sulit diatasi. Oleh sebab itu, perabotan sebaiknya diganti. Misalnya, plafon berjamur karena bocor. Maka, Anda bisa mengganti plafonnya. Jika tidak, bisa dicat ulang.


Demikian beberapa tips merawat rumah. Cara ini perlu dilakukan secara rutin. Jika rumah bersih, Anda tentu akan nyaman.

Next Post
No Comment
Add Comment
comment url